Selasa, 14 Februari 2012

"Cincin Gerhana" untuk Innova VVT-i (1 TR/FE)

Cincin Gerhana (CG)

Alasan awal pembuatan Cincin Gerhana (CG), karena saya sering merasakan tarikan mobil Toyota Innova saya ketika RPM mesin rendah agak kurang tenaganya. Saya mengira ini cuman karena bobot mobil yang 1,6++ Ton yang hanya dibekali mesin 2000cc.
Tapi yang saya rasakan ketika menggunakan mobil Kijang Kapsul 1800cc (7K-Karburator) dengan muatan banyak (total berat 1,6++ Ton), tarikan RPM bawah lebih kuat dibandingkan Innova saya ini.
Memang ada faktor perbandingan gigi transmisi, ukuran ban, dll, tapi Innova dibekali mesin yang lebih besar (+200cc) ditambah teknologi EFI untuk sistem bahan bakar yang seharusnya lebih baik.

Latar Belakang:
Perumpamaan, ketika kita berdiri di trotoar, terasa ada angin sepoi. Lalu kita jalan ke lorong/gang, maka kita akan merasakan anginnya bertambah kencang. Dan bila kita berpindah ke lorong/gang yang lebih sempit lagi maka kita akan merasakan angin yang lebih kencang lagi dari lorong sebelumnya. Itulah dasar pemikiran CG.

CG letaknya di MAF sensor. Berfungsi untuk menipu input aliran udara pada MAF sensor seolah-olah angin yang dilalui lebih banyak sesuai perumpamaan di atas. Selanjutnya ECU mengkalkulasikan untuk menyemprotkan bensin yang lebih banyak, dan mungkin juga derajat Timing Ignition lebih maju (perlu pembuktian yang akurat).

Penampakan CG:
- Terbuat dari besi padat/as yang dibubut sesuai ukuran.
- Perlu penghalusan/pemolesan agar air flow lebih lancar.




Tetapi, ada hal yang saya takutkan dari pemasangan CG ini, yaitu akan mengurangi asupan udara yang dibutuhkan mesin terutama putaran tinggi, dimana mesin membutuhkan asupan udara lebih banyak. Ini terjadi karena adanya penyempitan ukuran lubang hisap udara mesin.
Oleh karena itu, saya melakukan Dynamometer Test setelah pemasangan CG ini.

Hasil Dynamometer:



Hasil Dynamometer:
Grafik Normal. Tidak terjadi penurunan Horse Power pada RPM tinggi.
Hal ini menunjukkan bahwa pemasangan CG TIDAK menurunkan performa mesin pada RPM atas.

Keterangan Gambar:
Merah: Kondisi tanpa DastekBiru: Kondisi setelah pemasangan Dastek
*Hasil Dynamometer Test adalah Sebelum dan Sesudah pemasangan Dastek, BUKAN Sebelum dan Sesudah pemasangan CG. Tujuannya hanya untuk mengetahui ada atau tidaknya penurunan tenaga mesin pada RPM atas ketika dipasang CG.

Kesimpulan:
- Setelah pemasanga CG, tenaga RPM bawah sampai menengah lebih kuat.
- Tidak terjadi penurunan performa di RPM atas.
- Fuel Consumption (FC) / konsumsi BBM tergantung kaki kanan. Sebelum dan sesudah pemasangan, rata-rata FC masih sama.

Kenapa Namanya "Cincin Gerhana"?:
Karena setelah pemasangan, terlihat seperti Gerhana Cincin Matahari/Bulan. =)



Semoga Membantu..

5 komentar:

  1. Pak,

    Bisa diinformasikan detail cincin gerhana diatas? Bagaimana dengan ukurannya dan bahan apa yang cocok untuk cincin tersebut? Thanks

    BalasHapus
  2. Pertanyaanya sama dengan yang diatas saya

    BalasHapus
  3. Saya coba pakai paralon di belah tengahnya,tenyata bisa juga, :)

    BalasHapus
  4. GVC Holdings completes $4 bln acquisition of JamBase.com
    GVC 청주 출장마사지 Holdings 태백 출장마사지 completed a $4.2 속초 출장샵 billion multi-billion acquisition of JamBase.com, the company's online 포항 출장샵 gaming arm. 군포 출장마사지

    BalasHapus